Refleksi Prie GS : Di Sini 12 Tahun yang Lalu

REFLEKSI PRIE GS - Di tempat ini 12 tahun lalu. Wajah kalian anak-anakku, adalah wajah yang di mata bapakmu tak pernah berubah. Walau 12 tahun kemudian, kalian telah jauh berubah, di mataku, kalian tetaplah anak-anak yang kemarin masih kugendong dan kutimang. Ketika kalian demam, aku menungguimu sambil terjaga nyaris semalaman. Seluruh pertumbuhan kalian, adalah album yang tak pernah berhenti kuputar ulang. Lagu-lagu yang sama, tetapi setiap kali nadanya selalu terdengar berbeda.

Seluruh barang-barang ajaibmu, bantal iler, gombal keramat dan guling abrakadabra, adalah sesaji yang tak bisa tidak ada di manapun kalian akan tidur. Di dunia semua barang boleh berganti, mobil dan motor boleh terus membanjiri pasar dengan model baru dan selalu baru, barang yang masih baru pun cepat menjadi tua karena selalu ada yang lebih baru, tapi tidak dengan bantal iler dan gombal ajaib itu. Benda-benda itu adalah rekaman hidup kalian paling menakjubkan. Hanya dengan melihat onggokan gombal itu, aku seperti melihat seluruh sejarah kalian.

Sebagai bapak, juga sebagai suami dari ibumu, sebagai kami, orang tuamu, tak setiap kali kami selalu memuaskan hatimu. Kami adalah orang tua yang terbata-bata dalam mengasuhmu. Bentak-bentakan kami, terutama bentakanku pada kalian, bukan bukti kenakalan kalian, melainkan lebih pada bukti kebodohanku sendiri.

Di antara kebahagiaan yang sangat, aku juga menderita kegugupan yang sangat begitu kalian lahir dan menjadi anak-anakku. Ada sebuah syarat yang membuatku gelisah, karena sebagai bapak, seluruh kepentingan diriku harus otomatis gugur. Yang ada kemudian hanyalah kepentingan kalian. Intinya, menjadi tua, adalah makin.menjadi tak berkepentingan. Tua dan masih sok penting adalah benalu bagi pertumbuhan kalian. Doakan, aku dan ibumu, adalah orang tua yang jika nama kami disebut tak akan membuat kalian malu. Seluruh kekurangan dan kebodohan kami, adalah tugas kalian untuk terus mengalami perbaikan di era kalian.

Sumber:
Terima kasih telah membaca artikel tentang Refleksi Prie GS : Di Sini 12 Tahun yang Lalu di blog Refleksi Prie GS bila artikel ini bermanfaat silahkan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :